Blablaid.com kuliner 7 Makanan Khas Gorontalo Yang Enak dan Lezat

7 Makanan Khas Gorontalo Yang Enak dan Lezat

Resep Sate Ayam Bumbu Merah ala Sate Ratu Yogyakarta yang Hits!

Memang tidak afdol rasanya saat berkunjung ke suatu daerah tetapi tidak mencicipi kulinernya. Begitupun saat berkunjung ke Gorontalo, anda bisa coba menikmati berbagai makanan khas Gorontalo yang enak dan lezat. Berikut ini 7 kuliner khas Gorontalo yang bisa anda cicipi saat berkunjung ke Gorontalo :

  • Bilenthago

Makanan khas Gorontali populer yang pertama adalah Bilenthago. Makanan yang terbuat dari bahan laut ini wajib untuk anda coba saat berkunjung ke Gorontalo. Yang mana, makanan ini terbuat dari bahan dasar ikan mujair yang diberi bumbu seperti cabe merah, bawang merah, kemiri, dan tomat. Lalu ikan ini diltetakkan di atas daun pisang yang membuat rasanya lebih nikmat. Selain itu, penggunaan daun pisang ini juga untuk meminimalisir kemungkinan ikan gosong.

  • Perkedel Nike

Makanan khas Gorontalo selanjutnya adalah Perkedel Nike. Jika pada umumnya perkedel terbuat dari bahan kentang, maka perkedel Nike ini terbuat dengan bahan baku dari ikan. Sesuai dengan namanya, jenis ikan yang digunakan sebagai bahan bakunya adalah ikan nike yang bentuknya kecil mirip ikan teri. Dengan rasanya yang khas perkedel ini sangat cocok sebagai pendamping nasi. Selain itu, tekstur dari ikan nik eini memang berbeda sehingga menghasilkan sensasi yang lezat di lidah.

  • Tili Aya

Makanan khas Gorontalo populer lainnya adalah Tili Aya. Makanan ini sejenis kue yang banyak ditemui saat bulan suci Ramadhan. Masyarakat Gorontalo pada zaman dulu biasanya menyantap kue ini saat malam sahur pertama. Tili Aya ini terbuat dari campuran bahan telur, santan, dan gula merah dengan citarasa manis yang bisa membuat lidah anda ketagihan.

  • Saraba

Saraba ini merupakan sejenis minuman yang tampilannya mirip bajiigur (minuman tradisional khas Jawa Barat). Namun, minuman yang satu ini mempunyai keunikan sendiri yang tidak sama dengan bajigur. Rasanya manis karena Saraba ini menggunakan gula aren yang dipadukan jahe sebagai bahan utamanya. Minuman yang dipercaya dapat mengembalikan vitalitas ini sangat cocok dikonsumsi di malam hari.

  • IIabulo

IIabulo ini merupakan makanan khas Gorontalo yang wajib anda cicipi saat berkunjung ke Gorontalo. Biasanya masyarakat Gorontalo mengkonsumsi IIabulo ini sebagai lauk saat makan.  IIabulo ini berbahan dasar ampela ayam, lemak ayam dan hati ayam. Lalu semua bahan tersebut akan dicampurkan dengan berbagai rempah, tepung sagu, pisang sepatu, santan dan air. Setelah semua bahan tercampur lalu akan dibungkus menggunakan daun pisang lalu dibakar sampai matang. Rasanya akan lebih nikmat jika makanan ini disantap dalam keadaan masih hangat.

  • Sashimi Tuna

Sashimi merupakan makanan khas Jepang, namun anda juga bisa menemukan makanan yang satu ini di Gorontalo. Dari segi tampilan memang miri namun rasanya yang berbeda antara Sashimi Gorontalo dan Jepang. Untuk mendapatkan makanan ini, anda bisa mendapatkannya di beberapa warung seafood di Gorontalo yang memang terkenal sebagai penghasil ikan tuna. Selain itu, kuliner Gorontalo ini menggunakan sambal dabu dabu sebagai campurannya sehingga menghasilkan cita rasa yang pedas. Jadi, Sashimi Tuna ini sangat cocok bagi anda suka makanan makanan pedas.

  • Sate Tuna Gorontalo

Grorontalo terkenal sebagai penghasil ikan tuna sehingga banyak makanan olahan ikan tuna yang bisa anda dapatkan disana. Salah satunya adalah Sate Tuna Gorontalo. Dengan teksturnya yang lembut ditambah bumbunya yang lebih meresap dijamin akan memanjakan lidah anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *