Blablaid.com Kesehatan Seperti Inilah Keuntungan Menggunakan Kalkulator BMI

Seperti Inilah Keuntungan Menggunakan Kalkulator BMI

4 Cara Aman Menambah Berat Badan (Daizuoxin/Shutterstock)

Mungkin masih ada diantara kita yang tidak terlalu familiar dengan istilah BMI? Istilah BMI adalah singkatan dari Body Mass Index, yang jika diartikan kedalam bahasa Indonesianya berarti Indeks Massa Tubuh Ya, ketika kita ingin mengetahui nilai indeks massa tubuh, maka untuk mendapatkannya bisa melalui kalkulator BMi. Pada umumnya, aplikasi kalkulator BMI bisa kita temui dengan mudah di Play Store atau situs-situs tertentu. Lantas, seperti apakah keuntungan menggunakankalkulator IMT? Adapun mengenai beberapa keuntungan dari menggunakan kalkulator BMI seperti dibawah ini. 

1. Bisa Mengetahui Indeks Massa Tubuh

Seperti yang sudah disinggung pada ulasan diatas tadi, bahwa BMI adalah sebuah alat untuk menunjukkan hasil berat badan seseorang. Dengan menggunakan kalkulator BMI, tentu saja kamu bisa mengetahui berapa besaran nilai BMI yang nantinya akan dibandingkan dengan tabel kategori berat badan. Setelah mengetahui hasil angka BMI-inya, maka kamu akan mengetahui apakah berat badanmu termasuk kategori “normal”, “kelebihan berat badan”, atau “kurus”. 

Kategori Nilai Angka BMI

  • Berat badan kamu akan termasuk kategori obesitas, apabila hasil BMI-nya berada di atas 25
  • Jika nilai BMI kamu merujuk pada angka 23 – 24,9, maka berat badanmu dikategorikan sebagai kelebihan berat badan
  • Berat badanmu akan dikategorikan normal, jika nilai BMI-nya berada di kisaran angka 18,5 – 22,9
  • Jika angka BMI-nya di bawah angka 18,5, maka berat badanmu dikategorikan sebagai di bawah normal. 

2. Akan Mendapatkan Berbagai Solusi Soal Berat Badan

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa berat badan sangat berpengaruh terhadap bentuk tubuh seseorang. Maka dari itu, sangat penting bagi kita untuk mengetahui kategori berat badan dengan menggunakan kalkulator BMI. Misalkan berat badanmu itu termasuk kedalam kategori “di bawah normal / kurus”, maka kamu bisa mencari solusi untuk mulai melakukan program penambahan berat badan. Dengan begitu, kamu juga bisa langsung mencari tahu seputar jenis makanan apa sajakah yang dapat membantu dalam meingkatkan berat badan, atau jenis vitamin apa saja yang harus dikonsumsi. 

Begitu pun sebaliknya, apabila hasil angka BMI menunjukkan bahwa berat badanmu termasuk kategori “kelebihan berat badan”, tentunya kamu akan langsung memulai program diet sehat dan hal-hal lainnya, seperti langkah apa saja yang harus dilakukan, makanan apa saja yang harus dihindari, dan olahraga apa sajakah yang dapat menurunkan berat badan. 

3. Kewaspadaan Akan Meningkat Terhadap Massa Tubuh

Pada dasarnya, berat badan tertentu akan berdampak bagi kesehatan. Ya, meski berat badan memang tidak bisa dijadikan patokan ideal, tapi dengan memperhatikan kesehatan berat tubuh itu menjadi hal yang sangat bijaksana. Sebab ketika kamu  mengetahui bagaimana massa tubuh, nantinya kamu akan lebih waspada lagi terhadap massa tubuh. Nah, saat kamu sudah mengetahui bahwa berat badanmu itu dalam kategori berlebihan, sehingga akan lebih waspada lagi terhadap risiko yang berdampak buruk bagi kesehatan. Dengan meningkatnya kewaspadaan terhadap massa tubuh, kamu pun bisa segera mengatur lagi pola hidup yang sehat.  

Demikianlah ulasan singkat seputar beberapa manfaat dari menggunakan kalkulator BMI, sehingga bisa kamu jadikan sebagai penambah wawasan. Dengan menggunakan kalkulator BMI, pastinya kamu dapat memantau berat badan ideal pada setiap waktunya. Maka dari itu, buruan kunjungi Play Store sekarang juga untuk download dan install aplikasi kalkulator BMI pada perangkat androidmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *